Jumat, 05 Desember 2014

Mail Merge Gambar

Bagaimana cara membuat data source untuk memasukkan gambar di mail merge? Ikuti langkah berikut ini:

  • Buka Ms.Excel, lalu save terlebih dahulu file excel tesebut, kemudian tutup lalu buka kembali file excelnya.
  • Posisikan file word, data source excel dan gambar/foto pada satu folder yang sama. Ini bertujuan agar mudah mengelolanya.
  • Pada sel excel buatlah Hyperlink ke foto yang diinginkan,
 
  • Simpan data source dan tutup
  • Bukalah file word dan buat mail merge/mailings. Kita awali dengan Start mail merge, dan pilih Directory.
  • Select recipients, use existing list

  • Cari folder tempat data source excel berada.
  • Insert merge field nama dan foto 

  •  Blok tulisan «foto» lalu tekan Ctrl+F9 hingga muncul tanda {}
  • Tambahkan tulisan MERGEFIELD seperti ini: { MERGEFIELD «foto»} 
  •  Tekan lagi Ctrl+F9 sehingga menjadi seperti ini: {{ MERGEFIELD «foto»}} 
  •  Tambahkan tulisan IF TRUE seperti ini: {IF TRUE{ MERGEFIELD «foto»}} 
  •  Tekan Ctrl+F9 lagi dan menjadi : {{IF TRUE{ MERGEFIELD «foto»}}}
  • Kemudian tambahkan INCLUDEPICTURE seperti ini: {INCLUDEPICTURE {IF TRUE{ MERGEFIELD «foto»}}} 
  •  Dan terakhir ketik \d seperti ini: {INCLUDEPICTURE {IF TRUE{ MERGEFIELD «foto»}}\d}  
NB: Perlu diingat, {} tidak diketik secara manual, tetapi harus dengan Ctrl+F9.
  • Aktifkan Preview Result, dan akan muncul tampilan Invalid Merge Field seperti gambar berikut, dan ikuti langkah seperti gambar
 


Setelah itu, gambar/foto akan tampil dan dapat bertukar sesuai dengan data base.
Ok, semoga tutorial ini bermanfaat. Saya akan memberikan contoh file yang sudah saya buat, silahkan download disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar