Jumat, 05 Desember 2014

Mail Merge Dengan Format Angka

Cara Menampilkan Format Angka Excel di Mail Merge Word 

 Ada satu permasalahan yang muncul di dokumen utama mail merge saat menggabungkan data dari Excel yang berupa angka. Saat ditampilkan di dokumen utama mail merge, yang semula di file excel Rp617.500,00 menjadi 617500 dan semua format berupa: pemisah angka ribuan dan desimal, simbol mata uang, dan persentase hilang. Namun, tidak perlu khawatir. Ada cara mudah agar format angka di Excel tidak hilang saat ditampilkan dalam mail merge.
Berikut cara menampilkan dan membuat mail merge format angka Excel.
- Buat terlebih dahulu file excel yang menggunakan format angka yang ingin di mail merge.
- Save file excel di tempat yang sama dengan file word yang akan di buat untuk memudahkan kita dalam mencari file databasenya.
- Buka Ms.Office Word
- Di dokumen Ms.Office Word, klik: 
  • Tombol Microsoft Office Button Microsoft Office Button dan pilih Word Options (Word 2007).
  • Tab File dan pilih Options (Word 2010 dan 2013).
- Klik Advanced dan di bagian General, centang kotak Confirm file format conversion on open.Kotak dialog Word Options General Tab
- Klik OK untuk menutup kotak dialog.
Selanjutnya kita akan menggabungkan dokumen utama dengan data source di Excel.
Pada Mailings tab, klik Select Recipients lalu pilih Use Existing List
Mail Merge Select Recipients
- Cari lokasi file Excel pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik pada nama file Excel tersebut dan klik Open.
- Word akan menampilkan kotak dialog Confirm Data Source. Centang kotak Show all sehingga tampilannya akan seperti ini.
Confirm Data Source - Show all
- Selanjutnya pilih MS Excel Worksheets via DDE (lihat contoh gambar di atas) dan klik OK.
- Klik OK untuk menutup kotak dialog.
Kotak dialog Named or cell range
- Kemudian taruh kursor di posisi untuk data source mail merge. Pada tutorial ini, kursor diletakkan di samping tulisan Angka A. Kemudian pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih Angka_A.
Insert Merge Field
- Lakukan hal yang sama pada Angka B dan Angka C. Sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini.
Data Field Mail Merge
- Klik tombol Preview Results.
Preview Result - Mail Merge
Preview Results - Mail Merge Word 2013

- Tampilan angka di dokumen utama mail merge Word akan lengkap dengan format angkanya seperti di Excel.
Tampilan format angka di mail merge Word



Sekian tutorial kali ini tentang mail merge, Jika anda ingin mengetahui cara memunculkan gambar dengan mail merge silahkan kunjungi postingan saya berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar